Blog Mitra Organik Indonesia

Mosa Pedia

Top Mosa BN - Pengendali Jamur - Pembasmi Hama Tanaman

by Kelud Pedia , at Februari 06, 2018 , has 0 komentar
MOSA BN / TOP-BN merupakan pestisida organik yang berbahan aktif jamur Beauveria bassiana dan Noumeria rileyi yang bersifat toksin pada hama serangga tertentu. Bahan aktif MOSA BN, yakni jamur Beauveria bassiana, & Noumeria rileyi di alam merupakan musuh alami bagi banyak serangga hama seperti; wereng, walang sangit, penggerek batang, ulat plutela dan lain-lain.

Jamur Beauveria bassiana, & Noumeria rileyi dikembangbiakkan dalam isolat murni dan diformulasikan dengan bahan pembawa berupa mineral tertentu agar mudah diaplikasikan di lahan.

Bahan aktif MOSA BN mampu menginfeksi bagian tubuh serangga serangga hama sasaran. Serangga hama yang terkena akan berangsur sakit/ tidak mau makan dan mati berjamur. Sedangkan telur dan larva akan hancur karena terinfeksi.
TOP Mosa Meta BN
TOP Mosa Meta BN

MOSA BN mengandung 2 bahan aktif dari jamur / cendawan:
  • Beauveria bassiana.
  • Nomuraea rileyi

Bahan aktif ini diformulasi dan didormansikan dalam bahan pembawa yang akan memudahkan untuk aplikasi di lapangan. Bahan pembawa ini merupakan bio-polimer yang lembut sehingga akan memudahkan untuk dicampur/dilarutkan dalam air untuk aplikasi penyemprotan.

Beauveria bassiana

Bahan aktif Beauveria bassiana mampu menginfeksi tubuh hama tanaman jenis serangga dimulai dengan jalan masuk ke tubuh serangga inang melalui kulit, saluran pencernaan, spirakel dan lubang lainnya. Pada proses selanjutnya, jamur akan bereproduksi di dalam tubuh inang. Jamur akan berkembang dalam tubuh inang
dan menyerang seluruh jaringan tubuh, Pestisida organik, Serbuk, Netto: 100 gr, Kebutuhan: 1 sachet per 1.000 m2.

Petunjuk aplikasi tertera pada label kemasan sehingga serangga akan mati dalam hitungan hari.
Brosur Top Meta BN
Brosur Top Meta BN

Nomuraea rileyi

Bahan aktif Nomuraea rileyi ini sangat efektif terhadap larvalarva Lepidoptera. Larva yang terinfeksi Nomuraea rileyi sp akan menunjukkan gejala terselimuti/berbercak atau pengerasan yang diikuti dengan bertumbuhnya miselium pada seluruh permukaan tubuhnya. Infeksi pada serangga diawali dengan menempelnya konidia pada kulit, kemudian diikuti dengan masa perkecambahan, dalam waktu ± 24 jam. Kematian pada larva biasanya terjadi sekitar 5-7 hari setelah terinfeksi.

Keunggulan MOSA BN sebagai pengendali jamur musuh alami bagi serangga hama adalah:
  • Beauveria bassiana & Nomuraea rileyi bersifat dinamis sehingga dapat bereaksi sesuai dengan habitatnya.
  • Sebagai saprofit yang cepat tumbuh keberadaan Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.mampu berkompetisi dengan mikroorganisme lain.
  • Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.mampu menyerang pathogen yang sebelumnya menguasai suatu habitat.


MOSA BN / TOP- BN mampu mengendalikan hama:
  • Ulat api/ulat kantong pada sawit
  • Ulat kubis (Plutella xylostella), ulat grayak (Spodoptera litura)
  • Wereng coklat, walang sangit, penggerek batang padi (Tryporyza)
  • Penggerek buah kopi (Hypothenemus hampei), Pencucuk buah kakao (Helopeltis)

Spesifikasi Produk Top BN
  • Jenis : Agens Hayati, Serbuk
  • Kemasan : Sachet
  • Isi : 100 gr

Demikianlah ulasan artikel mengenai Top BN - Mosa BN - Pembasmi Hama Tanaman Organik. Ulasan ditulis dengan sedikit suntingan dan bertujuan untuk lebih mudah dipahami. Semoga tulisan ini bisa bermanfa'at bagi Anda para petani maupun pekebun yang sedang serius dalam usaha bercocok tanam.

Jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel gratis via email. Caranya adalah dengan menuliskan e-mail aktif Anda pada kotak kolom yang telah tersedia. Dengan subscribe berlangganan blog, Anda akan mendapatkan pemberitahuan via email setiap kali ada artikel baru yang terbit di blog Mosa Pedia. Terima kasih telah membaca, Salam Sukses Petani Indonesia.
Top Mosa BN - Pengendali Jamur - Pembasmi Hama Tanaman
About
Top Mosa BN - Pengendali Jamur - Pembasmi Hama Tanaman - written by Kelud Pedia , published at Februari 06, 2018, categorized as Perkebunan , Pertanian , Produk . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2018 Blog Mosa by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Kelud Pedia