Blog Mitra Organik Indonesia

Mosa Pedia

MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam Tambak

by Kelud Pedia , at Februari 11, 2018 , has 0 komentar
MMC MINA merupakan produk probiotik yang terbuat dari bahan bahan alami dan diformulasikan khusus untuk budidaya ikan/udang. Nutrisi yang terkandung di MMC MINA siap diserap oleh phitoplankton juga dilengkapi dengan probiotik yang berfungsi untuk menetralisir racun dan merombak bahan-bahan organik yang tertumpuk di kolam sebagai akibat pakan yang berlebihan dan kotoran ikan/udang.

Salah satu kunci keberhasilan dari budidaya ikan/udang adalah pada masalah kualitas air, ketika kualitas air merosot maka kondisi ikan/udang akan terganggu dan bibit penyakitpun akan berkembang.

MMC MINA akan memperbaiki kualitas air baik fisik (viskositas, kecerahan dll), biologis (mikrobia yang menguntungkan) maupun kimia (mineral, asam humat/fulvat dll). Penggunaan MMC MINA secara teratur dan tepat akan meningkatkan dan menjaga kualitas air budidaya sehingga keberhasilan panen akan diperoleh dengan hasil yang memuaskan.
MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam Tambak
MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam dan Tambak

Manfaat Produk MMC Mina
  • Mudah aplikasinya
  • Meningkatkan kualitas air
  • Tidak berbahaya untuk manusia maupun hewan piaraan
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen ikan/udang
  • Meningkatkan daya tahan ikan /udang terhadap serangan penyakit
  • Mengurangi dan menguraikan bahan racun yang terkandung dalam air
  • Memicu pertumbuhan phytoplankton maupun zooplankton dan hewan renik lainnya sebagai bakan alami

MMC Mina mengandung Asam Humat Fulvat, Asam-asam Amino, Plankton, mikrobia probiotik dan lain-lain.
Brosur MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam dan Tambak
Brosur MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam dan Tambak

Cara Kerja Produk MMC Mina

Menumbuhkan Pakan Alami Ikan

MMC Mina dapat memacu dan menumbuhkan Plankton. Pada ekosistem perairan Fitoplankton berperan sebagai produsen utama pemasok makanan untuk zooplankton, namun juga dapat dimakan langsung oleh ikan dan Mollusca serta Bivalvia lainnya. Fitoplanklon juga merupakan makanan pada fase benih dari berbagai organisme perairan seperti benih ikan dan udang.

Organisme ini dapat digunakan sebagai pakan alami ikan dan merupakan jenis yang  tidak membahayakan bagi kehidupan larva maupun ikan yang dipelihara, tidak memcemari lingkungan, tidak mengandung racun maupun logam berat, dan tidak berperan sebagai inang suatu organisme patogen maupun parasit.

Organisme yang digunakan sebagai pakan alami ini juga dimakan oleh larva yang dipelihara, mudah dilihat oleh larva karena gerakan atau warnanya gerakannya.

Kompetisi untuk memperoleh makanan dan memproduksi zat antimikroba

Mikrobia dalam MMC-MINA menghambat organisme patogen dengan cara berkompetisi untuk mendapatkan sejumlah substrat bahan makanan untuk difermentasi. Substrat makanan tersebut diperlukan agar mikrobia probiotik ini dapat berkembang dengan baik. Substrat bahan makanan yang mendukung perkembangan mikroba probiotik dalam ekosistem kolam.

Mengurai amoniak dan zat-zat berbahaya

Mikroba yang terkandung dalam MMC-MINA dapat berupa filter biologis. Filter biologis ini berfungsi karena adanya mikroba yang berperan merombak senyawa amonia menjadi nitrit dan nitrat yang relatif aman bagi ikan. Nitrosomonas adalah bakteri yang memiliki kemampuan untuk merombak senyawa amonia menjadi senyawa nitrit; sedangkan Nitrobacter memiliki kemampuan merombak nitrit menjadi nitrat. Senyawa nitrat yang terbentuk akan dimanfaatkan oleh tumbuhan (pakan alami) untuk tumbuh dan berkembang, sehingga dapat menyediakan pakan alami bagi ikan.

Aplikasi Penggunaan Produk MMC Mina Mosa

Berikan 1 botol tiap 25 – 50 m2 pada permulaan pengisian air kolam pertama, biarkan minimal selama 2 hari (untuk tambak 10-20 botol per Ha), larutkan dahulu dengan air secukupnya, kemudian tebar secara merata.

Untuk perawatan, berikan 10-20 cc (1-2 tutup botol) MMC MINA untuk tiap 10 m2 yang dilarutkan dahulu dalam air secukupnya dan tebarkan secara merata pada kolam. Berikan minimal 2 minggu sekali dengan dosis yang sama.

Untuk budidaya intensif jika terjadi hujan atau mendung secara terus menerus, pada saat cuaca cerah berikan MMC MINA lebih sering untuk menghindarai kematian Plankton yang berlebihan.

Spesifikasi Produk MMC Mina
  • Jenis : Probiotik Kolam, Penumbuh Plankton, Cair
  • Kemasan : Botol
  • Isi : 500 ml

Demikianlah ulasan artikel mengenai MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam Tambak. Ulasan ditulis dengan sedikit suntingan dan bertujuan untuk lebih mudah dipahami. Semoga tulisan ini bisa bermanfa'at bagi Anda para petani maupun pekebun yang sedang serius dalam usaha bercocok tanam.

Jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel gratis via email. Caranya adalah dengan menuliskan e-mail aktif Anda pada kotak kolom yang telah tersedia. Dengan subscribe berlangganan blog, Anda akan mendapatkan pemberitahuan via email setiap kali ada artikel baru yang terbit di blog Mosa Pedia. Terima kasih telah membaca, Salam Sukses Petani Indonesia.

MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam Tambak
About
MMC Mina - Probiotik Ikan Kolam Tambak - written by Kelud Pedia , published at Februari 11, 2018, categorized as Perikanan , Produk . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2018 Blog Mosa by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Kelud Pedia